Home Franchise Inspirasi Bisnis Mochi Taiwan

Inspirasi Bisnis Mochi Taiwan

1

bisnis.undercover.co.id – Kalau Anda pernah ke mall Anda pasti akan pernah. menemui sebuah merk yang. luar biasa ini kayak produk taiwan. rasanya seperti. bisnis yang import.

Karna apa? karna rasanya pun. rasa mochi taiwan.

nah mari kita lihat siapakah beliau, siapa. orang di balik mochi-mochi yang begitu fenomenal

beliau adalah ko Atet

Sejarah Bisnis Mochi Taiwan

Ko atet boleh cerita nggak. mochi-mochi ini kan. fenomenal banget kayaknya. setiap ke mall saya temui mochi-mochi. boleh cerita nggak?

Saya mochi ini sejarahnya. ketika Saya. di Taiwan. Waktu lulus SMA. lulus SMA Saya nggak tau mau ngapain. Saya pergi ke Taiwan untuk ngelanjutin sekolah.

Setelah. sekolah 2 tahun. ternyata posisi papa bangkrut. ketika posisi papa bangkrut Saya sabisnis.undercover.co.idl bekerja. ketika sabisnis.undercover.co.idl kerja Saya keenakan kerja. baru ngerasain uang Saya nggak berhenti sekolah.

Berbagai pekerjaan mulai dari cuci piring. restoran, bangunan. dan akhirnya terakhir Saya kerja di. perusahaan kue yang. disitu ada bagian mochinya. disitu, nama Tokonya ice sien.

kalau di Indonesia namanya Bread Talk lah. cuman kan dia ada bagian-bagiannya ada kue. roti, kue tart disitu ada bagian. mochinya. awal-awal kerja disitu juga

Saya cuman bagian bersih-bersih. tapi nggak tau kenapa bos lihat Saya. mungkin ganteng atau rajin. akhirnya Saya di angkat untuk. kerja dibagian mochi, awalnya juga. cuman di suruh-suruh. kerja-kerja, bos juga nggak sadar. ngangkat Saya jadi pimpinan disana. dan Saya proses semua mochi.

PEngalaman Mochi 7 tahun di Taiwan

Pengalaman Saya memang di Taiwan. mochi selama 5 tahun total. di taiwan 7 tahun, total di taiwan 7 tahun. kerja di mochi 5 tahun, kenapa waktu itu. ke Taiwan, karna sekolah atau. karena niat untuk bekerja?. niat awalnya dulu Saya ngerasa. Saya nggak punya skill apa-apa

Inggris nggak bisa mandarin nggak bisa. paling nggak saya bisa bahasa mandarin lah. awalnya niat bertualang aja sih awalnya. lalu papa bilang sekalian sekolah lah, papa juga kebetulan ada. saudara. yang bisa temenin disana.

Hari ini mochi-mochi ada berapa. outlet sih?

Kurang lebih ada 80. 80 outlet, ya. Sudah. bergerak sejak tahun berapa?

2009 berarti kira-kira sudah 9 tahun. 8 tahun 9 tahun berarti 1 tahun buka 10

Jadi kira-kira begitu ya. diluar sana banyak sekali orang yang. bertanya-tanya apa sih. kunci sukses dari ko atet sehingga bisa. bisa buka cabang begitu banyak

Sebenarnya. waktu Saya dari taiwan. waktu pulang ke Indonesia itu sama sekali nggak niat untuk. usaha mochi.

Awal Mula BIsnis MOchi Taiwan

Saya punya mimpi suatu saat Saya pulang ke Indonesia itu. buka toko material. tapi tenyata saat Saya pulang menikah. dan Saya buka toko material di serang,

Tenyata. selama 2 tahun perjalanan. yang ada Saya di ujung berangkat. saat itu udah ada. anak pertama 2 kembar.

itu susah sekali tabungan habis. uang juga habis bahkan dalam keadaan utang. nah saat itu. dari teman-teman yang kenal Saya sudah di taiwan, tet. lu kan bisa bikin kue mochi enak lagi,. kenapa nggak lu coba usaha kue mochi,. o gitu ya?

Akhirnya. istri juga mendukung daripada kayak gini kita mendingan. kerja mochi. Ada omongan begini. orang lain nggak enak aja berani jualan. punya makanan yang enak kenapa nggak dicoba.

baca juga

    Lika Liku Perjalanan Bisnis Mochi Taiwan

    Akhirnya mulai dari situ mulai diolah, olah selama. setengah tahun baru akhirnya betul-betul terbentuk. nah disitu, produk dulu di perbaiki. produk dulu dicoba lalu kemudian.

    Benar-benar baru. jualan, dalam proses itu juga cukup. banyak dewa penolong lah, terutama paling. sangat berjasa adalah orang. ape-ape saat itu kan cari mesin. kacang tanah untuk dijadiin tepung.

    sempat di marahin sama orang glodok, kamu bodoh ya.

    kacang dasarnya berminyak bisa jadiin tepung. di taiwan bisa kok nggak. akhirnya dia jalan dari jakarta nggak. balik ke serang lagi, tenggak perjalanan mobil Saya rusak.

    Saya mampir dalam satu bengkel, anak-anak. akhirnya Saya curhat. pe Saya di omelin orang ni. kacang tanah itu nggak bisa. Saya kerumah kamu deh Saya lihat deh. dia otak atik mesin, pas dicoba. bisa

    Saya bahagianya langsung. ini mochi pasti bisa jalan. semenjak itu jadi mulai deh. eksperimen terus bagiin orang. bagi ke semua toko material. pokoknya Saya bikin banyak. sampai benar-benar mateng,

    Awal-awal keluarga juga nggak setuju. keluarga nggak setuju dia bilang. biasa kita kerja material sekarang kerja makanan. nggak cocok, nggak nyangka ya.

    pertama di super mall karawaci bom. buka lagi yang kedua di gajah mada bom. nah bom lagi semenjak itu. bom-bom, bom terus.

    SDM Bisnis Mochi Taiwan

    ngurus orang gimana?

    ngurus orang. sebenarnya nggak ada rahasia. gimana awalnya bina 1 orang.

    kita bina moralnya mereka. kita bina spiritual mereka kita bina hati mereka. setelah terbentuk itu. buka cabang kedua dari orang ini bawa lagi ke orang itu. dari orang ketiga bawa lagi ke orang keempat.

    mereka selalu dalam bibisnis.undercover.co.idngan Saya semua. jadi di bibisnis.undercover.co.idng. diberi moral support. spiritualnya di sentuh. hatinya di sentuh di bina terus. nggak dilepaskan langsung dibiarkan. kerja sendirian. tapi yang pasti beri kesempatan untuk. berkembang lalu orang yang pertama kali bekerja ada nggak?.

    yang masih setia sampai hari ini?. boleh katakan masih ada.

    katakan selama datang dan pergi. mereka masih ada sih. mereka masih ada ya. lalu apa kira-kira?. kesan yang paling. mengena yang paling berkesan. yang paling menyentuh hati.

    ko atet pada saat membangun bisnis ini. kesan. banyak ya. ?

    Banyak-banyak sekali rintangan cobaan. kesan Saya yang cukup. banyak orang katakan seperti ini Saya lari kecepatan. manjat ketinggian, terlalu cepat banget. mochi ini sukses, di tengah. perjalanan Saya sempat drop dan jatoh. itu kata orang Saya terlalu cepat.

    Di zona nyaman jadi terjadi masalah. baru mochi ini mulai bangun lagi. baru 2000. benar-benar mulai lagi ya. baru setahun ini selama. 2, 3 tahun Saya benar-benar nggak konsen.

    Saya lari kecepetan Saya terlalu tinggi. terlalu cepat berada di zona nyaman. akhirnya Saya lepasin semua ke karyawan hampir. usaha Saya ini di abisnis.undercover.co.idl sama orang. karena Saya terlalu nyaman.

    Terlalu lepas itu juga jadi pelajaran. berharga buat Saya mulai. Saya benar lagi saya kerja lagi dalam bentuk. Saya bibisnis.undercover.co.idng orang-orang Saya lagi. akhirnya terlibat lagi. terlibat lagi terlibat lagi

    Penghasilan 80 Outlet Bisnis Mochi Taiwan

    Kalau boleh tau ni. kan ada beberapa 80 outlet. 1 outlet itu menghasilkan berapa?.

    ya nggak sama. kan setiap outlet itu sewanya beda-beda. dari yang terkecil juga ada. dari yang untungnya 1 juta 10 juta. 20juta 30 juta. 40juta juga ada, penjualan kotor.

    Penjualan total semua setiap bulan bisa. 2-3M perbulan

    2-3 M wow. jadi 2-3M ini dari. 0 bagi-bagi mochi. kemudian mulai buka lalu. lalu kalau buka mall itu kan. nggak mudah, berapa. harus ikuti aturan mall harus. jaga kalau mall mau buka. dia nggak boleh tutup gimana. ngehadapinnya?

    itukan tergantung dari. SPG semua atur sendiri. sekarang sudah terbentuk suppervisor dulu sebelum terbentuk supervisor. semua Saya yang atur Saya ciptakan. bahwa ini keluarga loh. kalian bekerja untuk apa?

    untuk mensejahterakan keluarga, counter. sekecil ini aja kalian tidak bisa. bertanggung jawab dengan baik bagaimana kalian bina. keluarga kalian bagimana kalian bina suami. gimana kalian bina istri kalian bagaimana. kalian bina. anak-anak kalian. counter sekecil ini cuman berapa kali berapa. tanggung jawab aja nggak bisa. untungnya mereka masuk akal. gitu.

    jadi hari ini, ini 1 brand. ada berapa jenis produk?. saat ini udah 14 rasa.

    14 rasa lalu. ada berapa?. instagramnya kalau mau order kemana?. bisa @mochimochi.

    bisa di mochimochi . nanti teman-teman bisa lihat di. gambar sini. Anda lihat running teksnya. please. follow mochimochi keren banget. lalu ada planning nggak mochimochi mau. di franchise kan kah?

    mau berkembang kah?. kepengen sih siapa yang nggak mau lebih besar lagi. yang paling penting SDM Saya cukup dulu. SDM Saya memadai dulu

    baca juga

      Visi Kedepan Bisnis Mochi Taiwan

      Saya mau besar tapi. orang-orang Saya tidak bisa bikin pusing, buat apa?. yang ada nggak bisa tidur lagi, benar nggak?. kerjanya. Pasti mau besar. pasti mau gede, terutama. cashflownya. mau dibagusin dulu, terutama SDM.

      Bisa benar-benar ngebantu Saya. dan. mau sih kalau ada orang yang mau. ada orang yang mau kerja sama bagaimana caranya?. banyak sih untuk minta franchise. untuk mochi ini cuman Saya memang belum. ketemu sistem.

      Jujur Saya. Saya pribadi juga ada. ya pengetahuan Saya masih traditional. baru kali ini memberanikan diri. utus orang-orang Saya belajar. public ya semoga mereka ada pengetahuan buat Saya. bagaimana sih usaha ini bisa berkembang. lagi, mungkin lebih. mungkin bagaimana kerja samanya.

      Pengen sekali. itu adalah insiprasi luar biasa, mulai dari nol. bikin mochi bagi-bagi. eksperimen sampai yakin. mulai kecil terus-menerus. di bibisnis.undercover.co.idng sampai. stabil dan besar yang paling penting. adalah menyentuh hard and spirit dari karyawan. dan hari ini. ko atet ini memberikan kesempatan kepada karyawannya. untuk dilatih. di training di coaching untuk. bisa berkembang bertumbuh dan akhirnya.

      Saya yakin mochi-mochi akan berkembang. dan produknya semakin sukses. Saya butuh dukungan banyak orang juga. pasti so thank you ko atet. dan sampai ketemu next time. mungkin kita bisa ngobrol-ngobrol lagi. butuh dukungannya sekali. pasti-pasti. so.. thank yo so much.

      LEAVE A REPLY

      Please enter your comment!
      Please enter your name here

      5 × 4 =