Home Startup Start Up Airbnb

Start Up Airbnb

2

bisnis.undercover.co.id – Start Up Airbnb , Kini Airbnb masuk dalam sepuluh start-up berpengaruh didunia.


Berawal dari 3 mahasiswa baru lulus dari Amerika Serikat.
Berdiskusi masalah akomodasi liburan.
Merekalah pendiri dari Airbnb.
 
 
Perjalanan Airbnb dimasa awal pendirian tidak mudah.
Bahkan mereka tidak menyangka perusahaan akan maju dan mendunia.
Awal mula bisnis saat pendirinya memasang 3 airbeds dalam apartemen mereka.
 

Strategi Bisnis Start Up Airbnb Saat Awal Pendirian

 
Start Up Airbnb , Masa awal bisnis sangat memerlukan perjuangan dari pendirinya.
Mulai dari menyusun manajemen aplikasi.


Menentukan strategi bisnis dan pendanaan perusahaan.
Airbnb telah biasa menerima penolakan saat tahun pertama.
 
Bayangkan saja, rangkaian penolakan dari perusahaan ternama.
Adapun investor yang menolak mereka bermitra dengan:

  • Youtube
  • Paypal
  • Google

 
Tidak kekurangan akal, jalan akhir yang dipilih adalah pendanaan alternatif.
Pendanaan tersebut menggunakan kartu kredit.
 
 
 

Start Up Airbnb

Start Up Airbnb memulai Pendanaan dari Kartu Kredit

 
Tahun pertama  perkembangan bisnis dinilai suram.
Airbnb hampir putus asa karena pendapatan tidak seperti yang diharapkan.


Pemasukan setiap bulan paling tinggi 2,7 juta dengan basis pelanggan kecil.


Saat itu hanya mempunyai sebuahh penginapan dari pendanaan kartu kredit.
Tetapi pendanaan alternatif ini tidak direkomendasikan.

 

Pembelajaran Bisnis dari Start Up Airbnb

 
Pencerahan bisnis muncul dari Paul Graham, penderi Y Cobisnis.undercover.co.idnator.
Pembelajaran pertama dalam mendirikan perusahaan adalah menemukan basis pelanggan.


Setelah mendapatkan basis pelanggan harus dilakukan pemantauan berkelanjutan.
 
Y Cobisnis.undercover.co.idnator ketika itu memiliki basis pelanggan terbesar di New York.
Dari sana anda akan memperoleh masukan, minimal untuk:

  1. Mengembangkan produk
  2. Memeperbaiki produk

 
Adapun strategi yang harus dimengerti :

  • cara menemui pelanggan/investor
  • berbicara kepada pelanggan
  • memposisikan diri sebagai pelanggan
  • mengabisnis.undercover.co.idl sudut pandang pelanggan

 

Start Up Airbnb

Strategi Bisnis Start Up Airbnb Yang Telah Dilalui

 
Tahukah anda Airbnb kini termasuk dalam platform akomodasi paling besar didunia.


Bekerjasama dengan 4,5 juta tempat tinggal dan tersebar 81.000 kota.
Dalam sepuluh tahun terakhir pendapatan penyewa rumah Airbnb mecapai 41 miliar USD.


Sementara itu, para tamu menggunakan Airbnb mencapai 400 juta kali.
 
Kesuksesan Airbnb dibangun dalam jangka waktu lama.
Airbnb telah melalui berbagai inovasi, model bisnis, sampai kontroversi.
 

 

Start Up Airbnb di Masa Depan

 
Airbnb telah meluncurkan Road map karena sasaran utamanya adalah rumah.
Sementara itu Road map menyediakan empat jenis properti:

  • Rumah Liburan
  • Unik
  • B & B
  • Butik

 
Airbnb juga berencana meluncurkan Beyond by Airbnb dan Airbnb Plus.
Koleksi Airbnb juga disesuaikan dengan tiap kegiatan pelanggan.
Airbnb akan berinvestasi dengan komunitasnya dengan program HosTeladan.
Serta melalui program keanggotan dari pelanggan Airbnb.
 

Program HosTeladan

 
Perusahaan berkomitmen agar melangkah lebih jauh.
Serta memperluas dan mendukung komunitas Airbnb.
Tujuannya dalam waktu satu tahun seluruh orang dapat merasakan wisata.
Yang menakjubkan hanya dengan menggunakan Airbnb.
 
Kunci utama dari Airbnb adalah tamu dan tuan rumah.
Program HosTeladan telah bermitra dengan 400.000 pemilik rumah dari seluruh dunia.
Selain itu, memperlihatkan pemilik rumah yang paling disukai pelanggan.
Ada pula program keanggotan untuk tamu terbaru.
Keuntungan yang ditawarkan saat melakukan seluruh perjalanan.

Start Up Airbnb


 

Airbnb di Indonesia

 
Indonesia telah menyambut kehadiran Airbnb.
Mereka menyambut sebanyak satu juta kedatangan pelanggan ditahun 2017.
Sementara pertumbuhan pelanggan mencapai 64% setiap tahun.
 
Di Indonesia memiliki daftar akomodasi sebanyak 45.600.
Pemilik rumah telah memperoleh pendapatan sebesar Rp 27,3 juta setiap tahun.
 
Sementara itu, di daerah Bali memiliki tamu paling tinggi mencapai 80%.
Penduduk setempat sudah berbagi rumah ke lebih dari 670.000 pengunjung.
Pendapatan rata-rata pemilik rumah di Bali sekitar Rp. 58,6 juta
 
Airbnb terfokus pada pemberdaan pemilik penginapan setempat.
Serta berusaha menjalin kerjasama dengan komunitas lokal maupun pemerintah.
Tujuannya agar dapat membantu wisatawan menjelajahi Indonesia.
Melalui cara baru dan berbeda.
 

Strategi Digital Marketing dan Inovasi Airbnb

 
Airbnb adalah marketplace yang dapat digunakan untuk:

  • Beriklan
  • Mencari tempat akomodasi
  • Memesan tempat akomodasi

 
Akomodasi mulai dari rumah, villa, apartemen mewah, dan hunian sederhana.
Airbnb menawarkan akomodasi nyaman dan murah bagi traveller.


Harga penyewaannya dapat disesuaikan budget tamu.
Dari sinilah menjadi keunggulan Airbnb dibanding hostel konvensional.
 
Airbnb juga akan memperbuat strategi bisnisnya di tingkat internasional.
Kedepan akan memasuki banyak kota dan membuat jangkauan lebih mudah.


Sehingga para traveller dapat dengan mudah mengunjungi berbagai lokasi.


Tanpa perlu mengkhawatirkan penginapan karena menggunakan layanan Airbnb.
Sementara itu, penduduk lokal juga memperoleh tambahan.


Dengan menyewakan kamar dan fasilitas rumahnya.
 
Dibalik kesuksesan Airbnb saat ini adalah hasil dari kerjasama dan strategi bisnis tepat.


Kesuksesannya tidak terlepas dari strategi pemasaran digital atau digital marketing.


Dua komponen utama dari Airbnb adalah traveller dan host.
 
Tujuan strategi digital marketing untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin.


Serta mengajak orang-orang diseluruh dunia melakukan travelling dan menjadi host.
 
Berikut ini berbagai strategi digital marketing yang dilakukan perusahaan Airbnb

Start Up Airbnb


 

Craiglist Integration

 
Craiglist merupakan situs untuk menampilkan iklan baris.


Biasa digunakan banyak orang untuk mencari tempat tinggal dalam waktu singkat.


Airbnb melakukan kemitraan dan mengintegrasikan dengan Craiglist.
 
Sehingga kapan saja orang memasang iklan melalui Airbnb.


Pengiklan tersebut dapat membuat postingan pada Craiglist dengan otomatis.


Program ini menguntungkan dan meningkatkan peluang bagi pengiklan.


Sehingga mendapatkan penyewa dan menambah trafik di Airbnb.
 

Google Display Network Partnership

 
Airbnb juga memungkinkan bagi pengiklan mendapatkan tawarkan lebih menarik.
Dalam hal ini menggunakan visual agar menarik pelanggan.


Berkolaborasi bersama Google dan melakukan investasi dengan Google Search Ads.


Sehingga sangat membantu Airbnb meningkatkan pengiklanan.
 
Selain itu membuat banner ad campaign berisi gambar yang nyata.


Dapat dilihat dari apartemen dan kamar yang diiklankan.


Sehingga dapat membantu pemilik rumah menarik pelanggan.
 
Airbnb berkomitmen menggunakan alat digital marketing.


Sehingga dapat berekspansi dengan basis pelanggan mereka.


Perusahaan juga menekankan untuk pembangunan relasi dengan para host.


Yang melakukan pengiklanan.


Serta tidak ketinggalan untuk membuat berbagai konten relevan.
Dalam lingkup kota dan lokasi serta melakukan kolaborasi bersama host lokal.

 

Social Media Marketing

 
Airbnb juga terdaftar sebagai pengguna aktif pada situs sosial media terpopuler.
Misalnya Facebook, Twitter, maupun Instagram.
Dari Facebook, Airbnb telah mendapatkan sekitar 3 juta pengikut.
 
Tim marketing secara rutin akan memposting video dan foto.
Isinya seputar iklan-iklan unik dan menarik bagi traveller.
Sehingga mereka berminat berkunjung ke tempat yang diiklankan.
 
Misalnya tim marketing membagikan video saat World Earth Day.
Video yang dibagikan isinya inspiratif.
Serta bagaikan ajakan untuk menjaga dan memelihara sumber daya alam.
Keseluruhan postingan akun Airbnb terlihat atraktif dan menarik.
 
 
Baca juga

 

Blog

 
Untuk mendukung pemasaran Airbnb juga memiliki blog yaitu ‘Blog.airbnb.com’.
Topik dari blog perusahaan ini sebagai  gudang  informasi bagi para traveller.
 
Anda dapat melihat bagian Local Lens dalam blog tersebut.
Local Lens sengaja dibuat untuk orang-orang yang tertarik membagikan pengalaman.
Adapun berbagai postingan yang dibuat isinya :

  • fotografi
  • ulasan kota
  • keunikan budaya
  • must-visit city
  • must-dos city