Home Startup Start up BEAU Bakery

Start up BEAU Bakery

2

bisnis.undercover.co.id – Start Up Beau Bakery – BEAU Bakery merupakan salah satu startup di Indonesia yang berfokus pada bakery yang mulai beroperasi pada 29 September 2016.

Sejak saat itu, BEAU melayani setiap hari pemesanan dalan jumlah grosir dan eceran untuk roti dan kue kering Eropa seperti entremets, eclair, croissant, Danish, dan lain sebaginya.

Tidak hanya itu BEAU juga menjual kue dan roti di tempat mereka sendiri, tetapi BEAU juga mendukung kafe dan kedai kopi lokal dimana mereka menyediakan makanan panggang yang dikirim setiap hari di pagi hari ke kafe dan kedai kopi lokal.

Start Up Beau Bakery Hasil studi Kuliner Le Cordon Bleu, Paris.

BEAU pertama kali didirikan di Jakarta pada tahun 2015 oleh Talita Setyadi yang merupakan founder BEAU. Talita Setyadi menciptakan BEAU sekembalinya dari studi kulinernya di Le Cordon Bleu, Paris.

Talita telah meraih beberapa penghargaan bergengsi seperti Forbes Asia 30 under 30, Ernst & Young Entrepreneurial Winning Woman of the year 2018, Foodie’s Magazines “Top 40 Jakarta Best Eats”

untuk santapan kasual terbaik, dan ia juga dinominasikan sebagai Presiden Tim Indonesia pada ajang “Coupe du Monde de la Patisserie” di Lyon tahun 2017, sebagai juri wanita termuda.

Sekembalinya ke Indonesia, ia menyadari bahwa perkembangan kue-kue yang menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas tinggi masih sangat sedikit, tidak seperti di Paris dan Selandia Baru.  

Ada begitu banyak toko roti di luar sana yang menggunakan pengawet, adiktif dan pemanis buatan. Talita percaya bahwa pelanggan harus tahu apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka.

Dengan demikian, misi Talita adalah menyajikan produk alami dan segar yang menghilangkan penggunaan adiktif dan bahan berbahaya lainnya.

Start up BEAU Bakery

Start up BEAU Bakery Support by U.S International Development Finance Corporation

BEAU Bakery baru-baru ini mendapatkan dana darurat/pinjaman dari SEAF yang merupakan grup manajemen investasi global yang berkantor pusat di Washington DC.

Dana yang didapatkan oleh BEAU ini adalah dana penyaluran pinjaman pertama yang di bawahi oleh program C19F (Global Gender Lens Emergency Loan Finance).

Program C19F ini dikembangkan SEAF bersama dengan U.S International Development Finance Corporation (DFC) untuk memberikan dukungan serta dana darurat kepada bisnis UKM di negara-negara yang memenuhi syarat DFC, yang bertujuan untuk mengurangi dampak Covid-19.

Program C19F ini mendukung investasi dalam proyek yang dimiliki, dipimpin oleh, atau yang diberdayakan oleh para perempuan di seluruh negara berkembang.

Tujuannya adalah agar dapat bertahan dan membangun kembali bisnis mereka di tengah krisis global akibat pandemi Covid-19.

Dana sebesar  $20 juta pun atau setara dengan 285 milliar rupiah telah diberikan oleh DFC untuk mendukung kegiatan program ini.

Start up BEAU Bakery

3 Pilar yang Diterapkan Oleh BEAU Bakery

Dari awal BEAU berdiri hingga saat ini, BEAU memfokuskan bisnis mereka pada 3 pilar yaitu Rasa, Tekstru, dan Bentuk di setiap produk yang mereka buat. Berikut adalah penjelasannya:

A. Rasa. Rasa mengacu pada rasa dari setiap produk yang dibuat. Cita rasa dari setiap produk tergantung dari seberapa bagus kualitas dari masing-masing bahan yang digunakan. Dengan aspek ini, BEAU memiliki tujuan hanya menggunakan bahan-bahan terbaik yang tersedia untuk membuat kue berkualitas tinggi.

B. Tekstur. Tekstur mengacu pada pengalaman yang dirasakan setiap pelanggan ketika mereka akan memakan kue-kue yang dibuat. Dalam hal ini, BEAU menggabungkan banyak tekstur dalam satu kue sehingga pelanggan dapat menikmati pengalaman memakan kue dengan maksimal.

C. Bentuk. Bentuk mengacu pada tampilan kue secara keseluruhan. Setiap produk harus terlihat menarik bagi mata. Dengan aspek ini, BEAU bertujuan untuk selalu kreatif dalam mendesain kue-kue baru.

Saat ini BEAU mempekerjakan 93 karyawan baik untuk Toko Cikajang dan toko terbaru di Panglima Polim. Sedangkan, jumlah klien grosir adalah 114 klien yang meliputi bar lokal, kafe, dan kedai kopi.

BEAU merasa bahwa harus ada cara di mana bisnis roti dapat diatur untuk melatih staf secara efektif; untuk menginspirasi dan mebisnis.undercover.co.idna talenta muda yang akan mencerahkan prospek pembuat roti dan koki di Indonesia secara keseluruhan.

Untuk melahirkan talenta baru untuk mendukung pasar F&B yang berkembang di Indonesia, BEAU BAKERY berfokus pada berbagi keterampilan, pelatihan, dan peningkatan keterampilan karyawan sehingga mereka dapat mandiri dengan prospek karir yang cerah.

Koki dan pembuat roti BEAU yang bersemangat dilatih di rumah dari awal, dengan pengetahuan penuh tentang teknik yang diperlukan untuk membuat roti dan kue kering kelas dunia. BEAU juga menyediakan magang bagi siswa lokal untuk mengasah keterampilan mereka, serta memberikan pelatihan dan sponsor bagi staf mereka untuk bersaing secara nasional dan luar negeri.

Start up BEAU Bakery

Desain yang Dimiliki BEAU Bakery

Kafe BEAU di Jalan Cikajang memiliki dua ruang makan yaitu outdoor dan indoor. Area indoor didominasi oleh warna putih dan interior kaca, sehingga pelanggan dapat menikmati pemandangan di area outdoor.

Area indoor dapat menampung hingga 50 orang sedangkan area outdoor lebih luas dan dapat menampung hingga 80 orang.

Area outdoor dirancang dengan tema taman dan didominasi dengan banyak tanaman serta kursi dan meja kayu seperti di taman untuk membuat para pelanggan merasa nyaman.

Di bagian dalam ruangan, BEAU Bakery menyediakan rak kue tempat mereka memajang kue, lemari tempat mereka untuk meletakkan koleksi kue dan selai, serta, troli untuk memajang makanan yang dipanggang seperti brownies, croissant, Denmark, bomboloni, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, ada juga bagian kopi di mana barista membuat kopi segar berdasarkan permintaan.

Keunggulan Website yang Dimiliki BEAU Bakery

BEAU Bakery memiliki website sendiri yang bisa diakses oleh para pelanggan. Salah satu keunggulan dari website yang dimiliki oleh BEAU adalah para pelanggan bisa memesan kue kering atau roti melaui website tersebut dengan menekan tombol “Order”.

Website BEAU Bakery ter-intergrasi dengan Tokopedia, sehingga setelah para pelanggan menekan tombol order, mereka akan dialihkan ke laman website Tokopedia.

Keunggulan lainnya adalah BEAU Bakery memiliki “Blog” di Website nya. Bloh tersebut berisi artikel-artikel mengenai sejarah kue atau roti yang mereka buat.

Tentunya dengan adanya informasi tersebut, para calon pembeli bisa mengetahui sejarah kue dan roti tersebut terbentuk di BEAU.

Selain itu, BEAU juga menyediakan beberapa resep rahasia mereka salah satunya adalah Rocher Chocolate Cake. Para pelanggan bisa melihat langsung cara pembuatan Rocher Chocolate Cake dengan menonton video di Youtube yang mana telah di sematkan di Blog tersebut.

Info Kontak BEAU Bakery

BEAU Bakery by Talita Setyadi memiliki 2 tempat.

  • Jl. Cikajang no 29, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (021-27517454)
  • Panglima Polim IX No.15, RT.7/RW.6, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160 (021-27085065)

Website dan Media Sosial BEAU Bakery

BEAU Bakery juga memiliki website dan media sosial yang bisa diakses oleh siapa saja:

  • Website: https://beaubakery.co/
  • Instagram: https://www.instagram.com/beaubakeryco/?hl=en

1 COMMENT

  1. […] sebuah wadah komunitas bagi para pedagang. Evermos juga menyediakan sistem edukasi untuk pelatihan bisnis bagi UMKM, individual, koperasi, dan juga […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 3 =